loading...
loading...

TEKNIK PERSENTASE YANG HARUS KAMU TAHU | TIPS MENARIK



A. Presentasi

Presentasi merupakan salah satu bagian dari aktivitas berkomunikasi yang bertujuan memperkenalkan sesuatu kepada orang lain. presentasi yang dianggap efektif tidak hanya mampu menarik perhatian audiens, namun juga dpat menggerakkan audiens untuk melakukan sesuatu hal. agar persentase itu dapat berjalan dengan secara selektif, ada beberapa hal yang perlu diperhitingkan. hal yang dimaksudkan tersebut adalah sebagai berikut.
  • Menarik minat dan perhatian peserta
  • Mengarahkan perhatian peserta
  • Mempertahankan minat dan perhatian peserta
  • Menjaga etika dan kode etik pada presentasi yang disajikan
  • Menjaga kefokusan atau kode etik prsentasi
Tiga hal utama yang menyebabkan audiens tidak tertarik dengan persentasi yaitu:
  1. Penyampaian yang buruk
  2. inti yang ingin disampaikan tidak jelas, dan
  3. Slide yang rumit dan mengalihkan fokus

kegiatan dalam membuat sebuah presentasi, pasi memiliki tujuan, adapun tujuan dari presentasi diantaranya.
1.      Menginformasi
Presentasi berisi informasi yang akan disampaikan kepada orang lain. presentasi semacam ini sebaiknya informasi disampaikan secara detail dan jelas supaya audiens dan mengerti dan tidak salah persepsi terhadap informasi yang kita berikan.
2.      Meyakinkan
Presentasi berisi data, informasi, dan bukti yang disusun secara logis (masuk akal) dan sistematis sehingga meyakinkan pendengar atas satu topiktertentu. karena ketidak jelasan informasi dapat mengurangi keyakinan orang atas informasi yang kita sampaikan.
3.      Membujuk
Presentasi secara logis dapat membuat pendengar mau untuk melakukan suatu aksi dan tindakan. presentasi dapat berisi bujukan, atau rayuan disertai dengan bukti sehingga audiens tidak ragu untuk melukan suatu tindakan.
4.      Menginspirasi
Presentasi ini bertujuan untuk membangkitkan inspirasi dan memberikan motivasi kepada audiens/ pendengar
5.      Menghibur
Presentasi ini bertujuan untuk memberikan kesenangan kepada audiens/ pendengar melalui informasi yang kita sampaikan

B. Teknik Presentasi

Terdapat beberapa pilihan perangkat lunak yang dapt digunakan dalam presentasi  yaitu: Microsoftpowepoint, opin office impress, flash point, macromedia flash, dan macromedia captive. agar presentasi berjalan baik. kamu perlu menggunakan teknik seperti di bawah ini.

1.      Penyusunan Slide
Halaman/ Lembar kerja kita pada aplikasi pengolah presentasi disebut dengan slide. sllide digunakan sebagai alat yang memudahkan audiens/pendengar memahami apa yang kita tampilkan. jadi sebagai presenter/ orang yang melakukan presentasi kita harus memperhatikan penyusunan slide. usahakan slide yang kita buat dapat menarik perhatian audiens. kalau kita sudah mampu menarik perhatian audiens. maka kita sebagai presenter akan lebih mudah menjalankan presentasi sesuai dengan yang kita harapkan.

2.      Penyiapan Presentasi
Sebagai presenter/ orang yang melakukan presentasi kita harus mampu mencairkan suasana. supaya pendengar mampu menyerap informsi dengan baik. kemudian menentukan alur presentasi dengan baik adalah cara supaya presentasi kita berjalan sesuai rencana.

3.      Sederhana
Buatlah slide sederhana, tapi jangan membuat sesuka hati. karena ada pepatah yang mengatakan semakin sederhana semakin mahal. namun kita harus memperhatikan bahwa sebuah yang sederhana, tapi tidak berfungsi sesuai fiturnya maka itu bukan yang namanya sederhana. jadi buat presentasi sederhana tapai tetap bisa dipahami oleh pendengar.

4.      Hindari Text-oriented
Kegiatan dalam presentasi, diharapkan menghindari teks-oriented. karena pendengar akan bosan dan menghilangkan ketertarikan mereka akan presentasi kita.harus kita ingat bahwa tek yang kita baca hanya bertahan 2 menit diotak, serta perhatian pendengar tidak akan lagi ke presenter tapi fokus kepada teks yang kita sajikan. jadi hindari teks-oriented untuk presentasi.

5.      Visual dan Verbal
dalam membuat suatu presentasi harus kita perhatikan dalam pembuatan presentasinya. hendaknya tetap selalu disisipkan warna-warna,bingkai-bingkai dan gambar untuk menekankan intonasi dan penekanan pesan dari presentasi kita.

6.      Unsur Emosi
dalam presentasi menggunakan data, informasi, fakta dan logika saja tidaklah cukup. faktor emosi pendengar lah yang paling utama. jadi usahakan membuat persentasi menggunakan fakta, data yang langsung dari lingkungan sekitar kita dan sesuaikan dengan kondisi lingkungan pendegar kita.

0 Response to "TEKNIK PERSENTASE YANG HARUS KAMU TAHU | TIPS MENARIK "

Post a Comment

==[CLICK 2X TO CLOSE]==